Home > computer stuff > Review singkat HP mini 210-1002TU

Review singkat HP mini 210-1002TU

Processor : intel atom pineview N450 (1.66 GHz, 512 KB L2 cache)

Display : 10.1” LED Anti-Glare WSVGA (1024×600)

RAM : 1 GB DDR2 PC-5300 (1 slot DIMM)

Hard Disk : 150 GB SATA

Video Card : intel GMA 3150 (128 Mb shared)

Ethernet LAN (RJ-45 connector)

Card Reader 5 in 1

Wifi : Broadcom 802.11b/g WLAN

Bluetooth : HP integrated Module with bluetooth 2.1 wireless technology

Webcam : HP Mini webcam

Built-in stereo speakers

VGA port

3x USB 2.0

Baterai : Lithium ion 6 cell

Berat : 1.06 kg

OS : Windows XP Home Basic SP3

Setelah beberapa hari saya memegang netbook ini, saya merasa netbook ini benar-benar suatu produk yang baik. Semua pekerjaan kantoran seperti mengetik atau browsing di internet dapat berjalan dengan baik. Semua program berjalan dengan lancar tanpa terjadi kelambatan yang berarti. Saya bahkan bisa memainkan beberapa games lawas di netbook ini.

Setelah saya baca beberapa review di internet, netbook dengan intel atom N450 ini ternyata tidak lebih cepat dari atom generasi sebelumnya N280. Chip intel atom N450 dibuat dengan proses pabrikasi 45 nm dan GPU nya sudah digabung dengan CPU dalam 1 chip. Hal ini menyebabkan konsumsi daya yang lebih rendah sehingga baterai menjadi tahan lama.

Dengan konsumsi daya yang semakin rendah seharusnya netbook ini menjadi lebih dingin, tetapi entah kenapa netbook yang saya beli ini tetap panas. Setelah menggunakan netbook ini selama 1 jam suhu menjadi cukup panas di bagian bawah keyboard. Apabila anda memutuskan membeli netbook ini saya sarankan untuk menghapus program bawaan dari HP. Terutama program yang berjalan otomatis di background. Program ini benar-benar memakan memori netbook anda. Anda juga bisa menginstall ulang windows xp seperti yang saya lakukan. Dengan menginstall ulang windows xp semua program pasti berjalan lebih cepat dan responsif.

Netbook ini ternyata dapat berjalan dengan sangat baik, hampir semua program seperti Office, Firefox, ACDsee, Winrar, dsb yang biasa saya jalankan di pc saya dapat berjalan dengan baik. Tentu saja bagi yang berkutat dalam bidang desain grafis jangan berharap terlalu banyak. Netbook ini hanya dilengkapi dengan graphic card intel GMA 3150 yang tingkatannya masih lebih rendah dari intel GMA 4500 yang banyak ditemui di notebook  sekarang ini.

Harddisk netbook ini berukuran 150 GB yang sudah terasa cukup besar bagi saya. Waktu pertama mencari info di internet mengenai netbook ini ada banyak yang menyebutkan ukuran harddisk 160 GB, padahal setelah saya lihat melalui windows explorer cuma 150 GB (10 GB sisanya lari kemana ya?). Netbook ini juga menyediakan HP cloud drive untuk tambahan tempat penyimpanan data di internet, tetapi anda harus mempunyai koneksi internet (yah sama aja bohong, di indonesia koneksi internetnya lelet kayak gini mana bisa pake cloud drive segala).

Harddisk saya partisi menjadi dua, 15 GB untuk OS dan sisanya untuk penyimpanan data. saya menggunakan program EASEUS partition master untuk mempartisi harddisk. Program ini bisa di download gratis dari website EASEUS. Program ini cukup mudah digunakan dan yang terutama gratis (saya paling suka yang gratisan seperti ini).

RAM sebesar 1 GB saya rasa sudah cukup lancar untuk menjalankan berbagai aplikasi kantor. Mungkin di kemudian hari apabila netbook sudah terasa lambat akan saya upgrade menjadi 2GB.

Baterai bisa bertahan sampai 6 jam untuk penggunaan normal. Waktu pertama beli penjualnya mengatakan kalau baterai netbook ini bsa bertahan sampai 8 jam. Tetapi kenyataannya cuma bertahan 6 jam itu untuk pemakaian normal seperti office atau browsing internet.

Saya sudah mencoba menginstall beberapa game di netbook. Ada yang sebagian yang berjalan dengan lancar, ada juga yang berjalan dengan tersendat-sendat. Bahkan ada yang tidak jalan sama sekali. Yah maklum graphic card nya memang kurang bertenaga. Kesimpulan saya netbook ini cuma bisa memainkan game-game keluaran dari 5 tahun yang lalu. Untuk sementara sekian dulu review dari saya. Nanti saya tambah lagi review netbook ini dalam memainkan game serta daftar game yang dapat berjalan dengan lancar di netbook ini.

Categories: computer stuff Tags: , , ,
  1. December 23, 2010 at 6:46 am

    @hani: Windows xp bawaan dari netbook biasanya nggak perlu serial number. Kalau install windows XP nya dari CD kemungkinan memang perlu serial number. Coba anda bawa ke toko penjual nya atau ke service center HP. Minta tolong diinstall ulang windows nya.

    • hani
      December 23, 2010 at 8:36 am

      ok thx ya bantuanny

  2. anshari
    December 24, 2010 at 11:46 am

    minta solusi
    could drive di HP saya tdk bisa jalan.padahal sudh conect internet.
    katanya begini”error invoking method:main(java/lang/String[])
    apa maksudnya ya?
    error?gmna cara bisa mnggunakannya lg?
    mhon saran.

    thanks

  3. December 24, 2010 at 5:11 pm

    @anshari: Sori nggak bisa membantu soalnya saya juga belum pernah pakai fitur HP cloud drive tsb.

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

