Home > kesehatan, makanan > Makanan paling sehat di dunia

Makanan paling sehat di dunia

Mau tahu makanan paling sehat di dunia? Dibawah ini adalah daftar makanan paling sehat di dunia.

1.Kimchi

Orang indonesia pasti jarang yang mengetahui apa itu kimchi dan bahannya dari apa. Ini adalah makanan khas tradisional Korea. Semua orang Korea pasti doyan memakan makanan yang satu ini. Sebenarnya apa itu kimchi? Kimchi adalah makanan yang bahan utamanya kubis dicampur dengan berbagai bumbu dan sudah melalui proses fermentasi di suhu yang rendah.

Kimchi sudah ada sejak 3000 tahun lalu. Ada banyak sekali jenis kimchi di Korea dan cara pembuatannya juga berbeda-beda di setiap daerah. Bahan utama kimchi biasanya dari berbagai jenis sayur-sayuran seperti kubis, sawi putih, lobak, dan ketimun. Kimchi bisa dibedakan dari bahan pembuatnya, musimnya dan daerah pembuatannya. Kimchi dari korea bagian utara biasanya menggunakan garam dan cabe merah yang lebih sedikit. Sebaliknya kimchi dari Korea selatan menggunakan garam dan cabe merah dalam jumlah yang banyak.

Kimchi mengandung vitamin A, B1 (thiamine), B2 (riboflavin), C, serta kalsium, zat besi. Kimchi juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Kimchi mengandung bakteri baik yang disebut dengan Lactobacillus Kimchii. Bakteri ini membantu sistem pencernaan dan dapat membantu melawan sel-sel kanker.

2.Kedelai

Nah ini dia makanan yang paling mudah ditemui di negara kita. Kedelai dapat diolah menjadi bahan pembuat tempe, tahu, kecap, dan tepung. Kedelai mengandung asam lemak omega-3 dan isoflavon yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah kanker.

3.Yoghurt

Yoghurt mengandung protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6, dan vitamin B12. Sebenarnya yoghurt dibuat dari susu tetapi ternyata yoghurt mempunyai kandungan nutrisi yang lebih baik. Selain itu orang yang tidak tahan terhadap kandungan laktosa dalam susu tetap dapat menikmati yoghurt tanpa efek samping.

Yoghurt berguna untuk kesehatan sistem pencernaan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu yoghurt dapat memperkuat tulang karena kandungan kalsium nya. Dalam suatu percobaan, orang yang meminum 3 gelas yoghurt rendah lemak dalam sehari berhasil menurunkan berat badan 22% lebih banyak dari peserta yang tidak mengkonsumsi yoghurt.

4.Minyak zaitun (Olive oil)

Olive oil ini biasa digunakan untuk memasak, kosmetik, dan obat-obatan. Selain itu ternyata olive oil juga dapat dikonsumsi secara langsung. Apabila anda ingin mengkonsumsi secara langsung disarankan untuk membeli virgin olive oil. Selain karena kadar asam lemaknya yang lebih rendah dari olive oil biasa, virgin olive oil juga lebih baik bagi jantung dan kadar kolesterol anda.

Zat antioksidan yang terkandung dalam olive oil sangat berguna untuk meningkatkan elastisitas dinding pembuluh darah. Hal ini akan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke akibat penyumbatan pembuluh darah. Kegunaan olive oil yang lain adalah untuk menurunkan kadar kolesterol, kadar gula darah. Selain itu olive oil juga berguna untuk penderita tekanan darah tinggi dan juga dapat mencegah kanker.

  1. December 7, 2010 at 9:03 am

    thanks gan infonya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: