Home > Uncategorized > Perang tarif antar operator seluler: Gratis SMS

Perang tarif antar operator seluler: Gratis SMS

Belakangan ini hampir semua operator seluler memberikan SMS gratis setiap harinya. Padahal hal ini sudah dilarang oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia. Bahkan yang melanggar peraturan dari BRTI ini ada 5 operator yang terbesar di indonesia, yaitu: Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Hutchison(Tri), dan Axis.
Para operator ini berlomba-lomba memberikan gratis SMS baik itu ke sesama ataupun ke lain operator. Tetapi sebenarnya apakah SMS ini benar-benar gratis? Atau ada syarat lain yang perlu dipenuhi agar bisa mendapat gratisan SMS ini. Mari kita lihat satu per satu gratisan SMS yang ditawarkan operator.
-Simpati : Gratis 100 sms ke semua operator
Promo dari simpati ini dapat dinikmati oleh pelanggan lama dan pelanggan baru. Bila anda pelanggan lama (aktif sebelum 12 maret 2010) maka anda harus mengirimkan 8 sms untuk mendapat bonus 100 sms. Untuk pelanggan baru (aktif setelah 12 maret 2010) anda cukup mengirim 1 sms saja pada pukul 02.00-16.00. Bonus sms ini hanya dapat dinikmati sampai pukul 24.00 hari itu juga dan tidak dapat diakumulasikan pada hari berikutnya.
– Kartu As : Gratis 1000 SMS ke semua operator
Promo ini dapat dinikmati oleh seluruh pemillik pelanggan baru dan lama. Pelanggan baru akan langsung mendapat promo ini. Sedangkan pelanggan lama harus melakukan perpindahan paket di *100#. Promo gratis 1000 SMS ini hanya bisa dinikmati setelah anda mengirim SMS hingga Rp 1.000. Selanjutnya anda dapat menikmati bonus SMS ini dari pukul 00.00-24.00. jadi dengan kata lain anda membayar Rp.1000 untuk mendapat gratis 1000 SMS.
-IM3 : Gratis 100 SMS ke semua operator
IM3 memberikan gratis 100 sms untuk pengguna kartu perdana im3 baru. Syaratnya adalah anda harus mengirim 1 sms dan pulsa anda harus diatas Rp.5000 agar mendapat bonus 100 sms. Bila pulsa anda dibawah Rp.5000 maka bonus sms yang akan anda dapat hanya 50 sms.
-XL : Gratis 100 SMS ke semua operator
XL memberikan gratis 100 sms dengan syarat cukup mengirim 2 sms. Bonus sms ini hanya dinikmati pada hari yang sama dan tidak dapat diakumulasikan dengan bonus di hari berikutnya. Dengan kata lain bonus sms anda akan hangus bila tidak digunakan hari itu juga.
-AXIS : Gratis 10.000 SMS ke semua operator
AXIS memberikan bonus 10000 SMS ke semua operator. Wow bonus sms nya kok banyak sekali. Syaratnya adalah anda haru menggunakan pulsa Rp.500 baik untuk telepon atau sms. Oya gratis SMS ini hanya berlaku untuk satu hari
-Tri : Gratis 100 SMS ke semua operator dan gratis sms tanpa batas ke sesama tri
Tri memberikan gratis 100 sms ke semua operator setelah anda mengirimkan 6 sms. Selain itu anda juga mendapat gratis sms tanpa batas ke sesama tri. Heh, gratis sms tanpa batas ke sesama tri yang bener aja? Kelihatannya sangat menarik bukan promo dari tri ini.

Nah seperti yang kita lihat diatas ternyata SMS gratis itu tidak benar-benar gratis. Anda diharuskan untuk menghabiskan sejumlah pulsa anda baru anda dapat menikmati SMS gratis ini. Terlebih lagi bonus SMS ini hanya berlaku untuk satu hari saja. Anda mungkin juga tidak bisa menggunakan bonus sms gratis sampai habis dalam hari itu juga. Walaupun para masyarakat sangat menikmati promo SMS gratis ini tetapi sebenarnya para operator diatas sudah melanggar aturan yang dikeluarkan oleh BRTI. Hal ini bisa menjurus ke persaingan yang tidak sehat antar operator. Bagaimana apakah anda tertarik dengan promo sms gratis ini? Apabila anda ingin berganti operator maka saran saya pikir dulu baik-baik. Anda perlu memperhatikan apakah operator tersebut mempunyai jaringan yang kuat di daerah anda. Tidak ada operator yang sempurna bisa mencover seluruh jaringannya di indonesia dengan baik. Pasti ada beberapa daerah yang tidak tercover oleh operator tersebut dengan baik. Semuanya relatif dan tidak bisa dipukul rata kalau operator A di tempat lain jelek maka pasti jelek juga di tempat anda.

Categories: Uncategorized
  1. April 16, 2010 at 8:21 am

    masih bingung saya sama operator ini

    • April 16, 2010 at 5:11 pm

      Jangan terlalu dipikirkan. Nanti tambah bingung lho.
      Memang seperti itu para operator sekarang ini.
      Gratis sih gratis tetapi pake syarat dan lagi syaratnya bisa berubah setiap saat.
      Btw, trims dah mampir ke blog ini.

  2. December 10, 2010 at 7:37 am

    betul2 kadang konsumen jg dibuat terlena

  3. December 18, 2010 at 12:55 am

    kalo saya menggunakan 2 kartu yg berbeda. satu sebagai utama yg satunya bisa berganti-ganti dng memilih kartu yg bnyk gratisnya. kalo gratisnya hbis / tdk menguntungkan lagi ya ganti kartu lagi.

  4. December 18, 2010 at 7:01 am

    @wien: Tapi kalau no itu dibuat untuk urusan pekerjaan/bisnis khan agak repot gonta-ganti nomor. Terlebih sekarang biasanya tarif atau bonus yang diberikan operator cuma musiman. mungkin 2-3 bulan udah ganti tarif baru.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: